PELATIHAN MENDELEY MAHASISWA PROGRAM STUDI KEPERAWATAN UNIVERSITAS HEIN NAMOTEMO

Tobelo. Dalam rangka menfasilitasi mahasiswa dalam menngunakan aplikasi Mendeley sebagai upaya meningkatkan kemampuan manajemen referensi, LPPM Universitas Hein Namotemo telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan Mendeley bagi mahasiswa Program Studi Keperawatan Universitas Hein Namotemo, bertempat di kampus Universitas Hein namotemo,  pada hari Kamis tanggal 22 Juni 2020.

Pelatihan ini adalah yang pertama kalinya dilaksanakan dalam upaya menekan tingkat plagiasi pada penulisan ilmiah mahasiswa serta memperkenalkan mahasiswa dengan aplikasi mendeley yang memudahkan mahasiswa dalam mengutip  artikel ilmiah sekaligus memudahkan mahasiswa dalam menemukan artikel yang akan dikutip dalam tulisan mereka serta mempermudah dalam membuat daftar pustaka pada tugas-tugas maupun penulisan skripsi mahasiswa.

Ibu Olivia Asih Blandina S.Kep. M.P.H.  selaku Ketua Program Studi Keperawatan,  dalam sambutannya menjelaskan bahwa dengan pelatihan ini diharapkan mahasiswa mulai terbiasa  menggunakan mendeley dalam penulisan karya ilmiah mereka.  Seringkali mahasiswa sebagai penulis pemula terjebak dalam tindakan plagiarisme  karena kurang berhati-hati dalam mengutip artikel orang lain. Mendeley merupakan salah satu dari sejumlah aplikasi pengelolaan referensi ilmiah Open Source yang dapat digunakan secara bebas untuk mengelola penulisan ilmiah mereka termasuk dalam hal plagiarisme .

LPPMUNHENA

 

Dalam pelatihan yang dilaksanakan, mahasiswa  diperkenalkan dengan aplikasi Mendeley, mulai dari pendaftaran akun Mendeley, instalasi aplikasi, pengelolaan referensi, sampai dengan praktek sitasi dan bibliografi  dengan menggunakan Mendeley. Kegiatan yang berlangsung 1 hari ini menghadirkan 3 orang narasumber, yakni   ibu Febrina  O. Akerina  dan  Ibu A. Y. Kastanja SP, M.Sc  serta Zeth Patty SP, M.Sc.  Pelatihan yang dilaksanakan di masa pandemi ini tetap memperhatikan protokol kesehatan  antara lain mahasiswa diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk ruangan serta memperhatikan jarak selama kegiatan pelatihan berlangsung.

Diharapkan dengan dilakukannya pelatihan ini, dapat meningkatkan kualitas tulisan ilmiah mahasiswa di Universitas Hein Namotemo, khususnya pada Program Studi Keperawatan. Selain itu  dapat mendorong mahasiswa untuk lebih aktif menulis sehingga akan memberikan dampak baik bagi mereka pribadi maupun bagi Universitas Hein Namotemo.